PEMBUKAAN KONASPI IX 2019 DAN INTERNATIONAL CONFERENCE UNIVERSITAS NEGERI PADANG DISAMBUT MERIAH

RABU, 13 Maret 2019 telah berlangsung acara pembukaan Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) IX 2019 dan International Conference yang dilaksanakan di selingkungan gedung rektorat Universitas Negeri Padang.

Acara ini dihadiri sekitar 2.089 peserta dari 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia dan 20 unit kegiatan mahasiswa (ukm) selingkungan Universitas Negeri Padang.

Kegiatan yang bertemakan “Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0” juga dihadiri oleh Bapak Menteri Riset, Teknologi, dan Mohamad Nasir, Ph.D. yang membuka secara resmi KONASPI IX 2019 menggantikan Bapak Presiden Jokowi yang berhalangan hadir.

Sebagai tuan rumah, Universitas Negeri Padang menyuguhkan penampilan dari Tim Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang yang terdiri dari gabungan permainan perkusi dan tarian tradisional yang menonjolkan budaya minang oleh mahasiswa program studi se-jurusan seni, drama, tari, dan musik (sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni.

Salah seorang dosen Jurusan sendratasik, Drs. Wimbra Yardi M.Sn. sekaligus pelatih Tim FBS mengatakan bahwa timnya diutus langsung oleh Rektor Universitas Negeri Padang melalui Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ardipal M.Pd. Beliau menambahkan, tarian yang dibawakan bertema “Spirit Rhtym of KONASPI” yang bermakna semangat kemajuan pendidikan di Indonesia.

Mahasiswa jurusan Sendratasik yang menjadi salah satu pemain perkusi mengungkapkan kebanggaannya dapat tergabung dan berpartisipasi dalam pembukaan KONASPI IX.

Salah seorang delegasi dari Universitas Negeri Makasar, Prof. Dr. H. Muhammad Yahya., M.Kes., M.Eng. selaku rektor Universitas Negeri Makassar mengungkapkan bahwa terdapat 100 delegasi dari Universitas Negeri Makassar. KONASPI adalah ajang ilmiah yang mempertemukan dosen-dosen se-lingkungan LPTK dan pakar-pakar Internasional yang diharapkan bisa terus memajukan pendidikan di Indonesia.

Terdapat juga konferensi pers oleh Bapak Menteri Kemenristekdikti setelah melakukan pembukaan. Beliau mengungkapkan bahwa Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi masalah pendidikan mengenai persaingan dan pemanfaatan teknologi di era digital ini. Amerika dan bahkan negara-negara di Eropa pun ikut merasakannya.

Dengan begitu perguruan tinggi di Indonesia harus memperbaharui sistem lama, salah satunya dengan menghapus program studi yang sudah tidak diperlukan di Indonesia, serta para tenaga pendidik harus melakukan publikasi, tidak hanya menikmati uang tunjangan saja.

Reporter: Citra Nurani Jelita
Cameramen: Suci Novia Putri, Fauzan Zharbaini, Megawati Gultom, Rahmi Aulya, Rehan Prananda Asri, Yuni Maya Sari, Elfianda Sari
Editor : Suci Novia Putri

admin

admin

UKKPK adalah Sebuah Unit Kegiatan Yang Bergerak Di Bidang Komunikasi Dan Penyiaran Kampus Di Universitas Negeri Padang. Alamat Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Lantai 2

2 Comments

Leave a Response